Dynamic Glitter Text Generator at TextSpace.net

Senin, 19 Juli 2010

Animasi Tertua Ditemukan di Iran

Views



Selama ini animasi dianggap sebagai penemuan modern, sehingga banyak orang yang keliru mengenai usia animasi sebenarnya. Sebuah mangkuk yang berusia 5.200 tahun telah ditemukan di kota Burnt, Iran di tahun 1970-an memiliki serangkaian lima gambar yang baru-baru ini diidentifikasi sebagai gambar sekuensial, seperti yang banyak di jumpai pada sebuah zoetrope.

Jika mangkuk tersebut diputar, kita akan melihat sebuah gerakan kambing melompat untuk merebut daun dari pohon, seperti yang terlihat di klip video di bawah ini.





Penemuan berharga tersebut berasal dari situs pemakaman oleh arkeolog Italia, yang tidak menyadari kegunaan gambar-gambar yang menghiasi mangkuk tersebut. Hal tersebut baru di temukan 2 tahun kemudian oleh arkeolog Iran Dr Mansur Sadjadi, yang kemudian diikutkan untuk mengarahkan penggalian Kota Burnt, yang terletak 57 kilometer dari kota Zabol di sebelah tenggara provinsi Iran Sistan-Baluchestan.

Meskipun belum ada yang mempertanyakan contoh animasi awal, para peneliti telah mempunyai beberapa pendapat atas arti sesungguhnya dari karya seni mangkuk gerabah itu. Awalnya arkeolog sepakat bahwa mangkok tersebut menggambarkan kambing yang sedang makan dari Pohon Kehidupan Asiria, tetapi sekarang arkeolog menegaskan bahwa mangkok tersebut mendahului peradaban Asiria selama seribu tahun.

Organisasi Budaya, Pariwisata dan Kerajinan Tangan Iran (CHTHO) telah membuat sebuah film dokumenter 11 menit terhadap penemuan itu, yang dipimpin oleh Mohsen Ramezani.

(animationmagazine.net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dictionary

Kontak Saya

NAMA:
EMAIL:
SUBJEK:
PESAN:
TULIS KODE INI: