Minggu, 31 Oktober 2010

Puncak Peradaban di Batujaya

Views


KOMPAS Jawa Barat, Rabu, 27 Okt 2010
- Kemampuan teknologi tinggi di eranya dan adaptasi terhadap perubahan sosial dan budaya dari orang-orang di masa peradaban Buni mengantarkan mereka mencapai puncak peradaban. Hal ini setidaknya terlihat di Candi Jiwa dan Blandongan di kawasan Situs Candi Batujaya, Karawang.

Demikian dikemukakan arkeolog Hasan Djafar saat memandu peserta International Conference on Sundanese Culture di kompleks Batujaya, Karawang, Selasa (26/10). "Peradaban Buni ini mencakup wilayah Tangerang, Jakarta, Bekasi, Karawang, dan Bogor. Ada 150 situs sejarah di kawasan itu. Buni sendiri sebuah desa di Kabupaten Bekasi," kata Djafar.

Candi di Situs Batujaya yang terbuat dari bata yang dilapis semen kapur, kata Djafar, menunjukkan, pada masa itu (masa Kerajaan Tarumanagara) mereka telah menguasai teknologi arsitektur yang maju. Mereka juga mampu membuat beton cor. Kemampuan membuat barang-barang dari logam-yang dibuktikan antara lain dengan temuan berupa lempengan dan gelang emas-mempertegas capaian teknologi yang dikuasai.

Penguasaan teknologi yang tinggi menjadi bekal masyarakat kala itu ketika menghadapi globalisasi yang datang dari India melalui pesisir utara. "Ketika orang India datang dengan budaya dan kepercayaannya, mereka bisa cepat beradaptasi," tuturnya. (ADH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dictionary

Kontak Saya

NAMA:
EMAIL:
SUBJEK:
PESAN:
TULIS KODE INI: